Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Tanpa air kehidupan manusia dan alam ini menjadi tidak seimbang. Bayangkan, jika dalam jangka beberapa bulan saja hujan tidak turun maka volume air disungai-sungai akan berkurang drastis.

Saat ini, kondisi sungai/kali di Bekasi beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah. Hal tersebut, tentunya menyebabkan kerusakan alam yang akan merugikan kita bahkan mahluk hidup lainnya. Air yang tercemar tidak bisa langsung digunakan dan prosesnya pun akan memakan waktu juga biaya yang tidak sedikit.

Wilayah Kota Bekasi dialiri tiga sungai utama yaitu Sungai Cakung, Sungai Bekasi dan Sungai Sunter (Kali Sunter), beserta anak sungai lainnya. Sungai atau kali di wilayah Kota Bekasi biasanya digunakan untuk mengairi sawah dan juga merupakan sumber air baku bagi kebutuhan air minum untuk wilayah Bekasi (Kota dan Kabupaten) juga wilayah DKI Jakarta. Sayangnya, saat ini kondisi sungai di Bekasi sudah tercemar oleh limbah industri pabrik maupun rumah tangga.

Pada tahun 1980, Kali yang membelah Jakarta dan Bekasi yaitu Kali Sunter memiliki aliran air yang masih jernih. Banyak mahluk hidup, manusia hingga hewan yang bergantung dari aliran sungai tersebut. Tidak hanya membuat sejuk, warga Bekasi menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan mencuci pakaian.

Kini, hampir seluruh sunga-sungai di Bekasi telah rusak dan berwarna juga berbau akibat sampah yang menumpuk dibantaran maupun dalam aliran sungai. Banyaknya sampah yang dibuang warga membuat aliran menjadi tersumbat hingga tak jarang menimbulkan banyak permasalahan seperti banjir, wabah penyakit hingga bau yang tak sedap.

Bukan hanya pemerintah saja yang harusnya turun tangan dalam perbaikan Kota ini, tapi peran masyarakat juga penting. Dengan tidak membuang sampah sembarangan dijalan, sungai maupun bantaran sungai akan cukup membantu Kota ini menjadi lebih baik lagi. Walau sudah banyak himbauan tetang ‘Dilarang Membuang Sampah pada Tempatnya’ tapi semoga tulisan ini mampu memberikan sedikit dampak dalam perubahan Bekasi terutama kebersihan sungai-sungai atau kali yang ada di Bekasi.

Sumber gambar: katawarta.com