Kabar gembira bagi kalian yang senang bersepeda. Kegiatan Car Free Day (CFD)  di jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi memang menjadi sarana berolahraga bagi masyarakat. Saat ini, Dinas Perhubungan Kota Bekasi sudah menambah jalur lintasan bagi para pesepeda. Lintasan sepeda dibuat dengan menambahkan garis kuning di lintasan jalur cepat Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan mulai dari simpang Kayuringin memutar kolong Jembatan Layang Summarecon dan berakhir di depan Islamic Center Kota Bekasi. Hal ini dibuat untuk menjaga kenyamanan pesepda saat kegiatan Car Free Day (CFD).

Pemerintah Kota Bekasi menata aktivitas peserta CFD di antaranya area jogging, sepeda, belanja dan tempat berkumpul komunitas. Dilansir melalu nasional.replubika.co,id, “jalur tersebut hanya boleh digunakan pada saat berlangsungnya agenda CFD setiap Ahad pagi mulai pukul 06.00-10.00 WIB demi keamanan penggunanya. Ketertiban dalam aktivitas perlu diwujudkan agar menjadi budaya yang baik di masyarakat.”

Antusias masyarakat Bekasi terhadap Car Free Day (CFD) sangat tinggi, terlihat dari puluhan ribu masyarakat yang datang saat CFD. Minimnya area publik dan juga destinasi wisata di Kota Bekasi membuat masyarakat sangat menikmati CFD sebagai area berolahraga, hiburan, dan berkumpulnya komunitas-komunitas. Hal ini juga yang mendorong pemerintah Kota Bekasi untuk membuat kenyamanan bagi masyarakat tidak hanya untuk pejalan kaki tetapi juga pesepada.

Adanya jalur sepeda, diharapkan tidak hanya sekedar dapat memberikan rasa nyaman bagi pesepeda tetapi juga mampu mengubah kebiasaan masyarakat yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi menjadi menggunakan sepeda walau seminggu sekali. Selain dapat mengurangi polusi udara dan kemacetan, bersepeda tentunya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Sumber gambar: kompasiana.com