Terletak di Jalan Ir. H Juanda No.100 Kelurahan Margahayu, swedish mail order brides Bekasi Timur terdapat Gedung Papak yang merupakan saksi bisu perjuangan Rakyat Bekasi pada Masa Revolusi. Pejuang patriot Bekasi yang saat itu dipimpin oleh KH. Noer Alie menjadikan Gedung Papak sebagai benteng pertahanan dan juga markas besar.

Secara Bahasa, Gedung berarti rumah dan Papak berasal dari istilah Pak-pak yaitu rumah yang memiliki atap datar atau rata tanpa menggunakan genteng. Hal ini juga menjadi ciri khas Gedung Papak.

Sekitar tahun 1930, Gedung Papak dibangun oleh tuan tanah Cina bernama Lee Guan Chin diatas tanah seluas 1,5 Hektar dengan luas bangunan mencapai 2.500 meter persegi dan bergaya arsitektur yang saat itu sedang populer. Kedekatan Lee Guan Chin dengan KH. Noer Alie membuatnya menyerahkan secara sukarela Gedung Papak untuk dijadikan Markas Besar rakyat Bekasi.

Dahulu, gedung ini dijadikan tempat tinggal oleh pejabat Pemerintah Kolonial Hinda-Belanda. Pada masa revolusi, tentara RI mampu memaksa mundur pasukan Belanda yang akhirnya meninggalkan Gedung Papak sebagai markasnya. Tahun 1967, Gedung Papak digunakan kembali sebagai rumah dinas oleh Bupati Soebandi. Pada tahun 1982 seiring pembentukan Kota Adminsitratif Bekasi, Gedung Papak menjadi rumah dinas walikota pada masa Walikota H.Soejono hingga masa H. Kailani.

Melihat banyaknya nilai historis dari Gedung Papak ini, terdapat rencana untuk menjadikan Gedung Papak sebagai Gedung Museum Digital tanpa mengubah bentuk aslinya. Yang nantinya gedung ini akan menjadi pusat informasi dan edukasi bagi generasi muda Bekasi. Gagasan ini diusulkan oleh Ahmad Syaikhu, selaku wakil walikota Bekasi.

Sejak tahun 2004 hingga kini, Pemerintah Kota Bekasi menjadikan gedung tersebut sebagai tempat Musholla dan gudang. Semoga saja rencana untuk menjadikan Gedung Papak menjadi Meseum Digital cepat terlaksana sehingga, Bekasi menjadi salah satu kota yang bernilai sejarah tinggi dan tetap menjaga kelestarian gedung-gedung bernilai sejarah.

Sumber gambar: jakarta.panduanwisata.id