#RedupkanBekasi dengan #DirumahAja, Langkah Awal Komitmen Hemat Energi ditengah Pandemi

Apakah kamu pernah melakukan kebiasaan buruk seperti membiarkan lampu menyala di siang hari? Menyalakan AC tanpa kenal waktu? Menyalakan TV padahal tidak menontonnya? Atau meninggalkan charger handphone tetap terpasang di kontak listrik setelah selesai memakainya? Lalai dalam menggunakan energi, persoalan yang nampaknya masih terjadi di kalangan masyarakat. Mungkin tanpa sadar kita pun kerap kali menghamburkan dan menggunakan energi secara tidak bijaksana, tejadi salam keseharian kita. Hal sepele, tapi ternyata berdampak buruk terhadap keberadaan energi dan keadaan bumi kita.

Earth Hour adalah sebuah gerakan global yang dicetuskan oleh World Wildlife Fund for Nature (WWF), mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk menyatakan kepeduliannya terhadap perubahan iklim dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama 1 jam (20.30-21.30 waktu setempat). Dilakukan setiap hari Sabtu di minggu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Dengan tagar #RaiseYourVoiceForNature #Connect2Earth, gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan konsumsi energi kita dan dampaknya bagi lingkungan, mengubah perilaku masyarakat yang masih sering tidak bijak dalam menggunakan energi, khususnya energi listrik.

Komunitas Earth Hour Bekasi mengajak seluruh warga dan semua pihak di Kota Bekasi, mulai dari pemerintah, praktisi bisnis, komunitas, hingga individu untuk ikut serta dalam gerakan Earth Hour 2020, mendukung aksi #RedupkanBekasi dengan mematikan lampu dan perlatan listrik yang tidak terpakai selama 1 jam pada hari Sabtu, 28 Maret 2020, pukul 20.30 – 21.30 WIB. Kegiatan ini didukung penuh oleh Walikota Bekasi, Bapak Dr.Rahmat Effendi, sesuai dengan Surat Edaran No: 671/2229/Dinas LH tentang Peringatan Earth Hour Tahun 2020 Tingkat Kota Bekasi. Surat tersebut sebagai pemberitahuan pemadaman listrik yang ditujukan kepada seluruh Perangkat Daerah & masyarakat Kota Bekasi.

Ada beberapa landmark kota dan bangunan yang akan turut bepartisipasi dalam Earth Hour 2020 #RedupkanBekasi, seperti: Masjid Agung Al-Barkah, Mall Blu Plaza, Revo Town Bekasi, Piramida Summarecon Bekasi, dan masih banyak lagi yang tentunya mendukung gerakan ini sebagai langkah awal komitmen hemat energi.

Melihat situasi terkini Indonesia yang sedang berjuang melawan Pandemi Covid-19 serta himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing #dirumahaja, Earth Hour Bekasi pun mengikuti aturan tersebut dan mengadakan Switch Off Earth Hour secara virtual. Akan ada E-talkshow Switch Off Earth Hour dengan tema “What Can Youth Do For This Greeneration, live di akun Instagram @earthhourbekasi dengan salah satu sociopreneur dan aktivis, Edy Fajar, mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB selama Earth Hour berlangsung.

Dengan #dirumahaja kita masih bisa tetap berpartisipasi dalam gerakan global Earth Hour, dan tentunya bisa mengajak keluarga serta kerabat di lingkungan rumah untuk ikut melakukannya juga. Earth Hour adalah tentang bagaimana kita berusaha serta mau mengambil langkah menuju perubahan. Ayo matikan lampu dan komitmen hemat energi mulai dari sekarang! Agar bumi ini tetap nyaman untuk ditinggali oleh kita dan anak cucu kita kelak.

Leave a comment