Switch Off Earth Hour Bekasi dalam rangka perayaan Earth Hour 2019 di Kota Bekasi bertempatan di Pendopo Alun-Alun Kota Bekasi hari sabtu lalu (30/03) berjalan dengan meriah. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama. Dilanjutkan dengan pemutaran video global Earth Hour. Bapak Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto juga hadir memberi sambutan sekaligus membuka acara Switch Off Earth Hour Bekasi 2019.

Dalam suasana remang-remang selama satu jam dari pukul 20.30 s.d 21.30 WIB di Alun-Alun Kota Bekasi malam itu para pengunjung dihibur dengan performa komunitas-komunitas Bekasi, diantaranya; Trials Bike Bekasi, Bekasi Symphony Orchestra, Indonesia Fingerstyle Guitar Community, Wotagei Bekasi, Sinegasi Picture, We Are Stars Indonesia, dan juga Bekasi Beatbox. Ada juga sharing singkat dari StartUp Listriku.id tentang isu hemat energi di Kota Bekasi, yang tentunya membuat satu jam tanpa listrik menjadi bermanfaat dengan wawasan dan penyadaran masyarakat akan permasalahan lingkungan yang terjadi.

Bapak Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto menyampaikan dalam sambutannya, “Semoga aksi ini tidak hanya hari ini, tapi bisa berkelanjutan. … Buat anak-anaku, terus maju dan berkembang, berpikir positif, hidup bahagia dan mudah-mudahan ada ide-ide positif untuk Pemerintah Kota Bekasi”.

Di penghujung acara, semua pengunjung dan komunitas yang hadir malam tersebut berfoto bersama dan menyerukan jargon Earth Hour; Ini Aksiku, Connect2Earth! Pengunjung juga antusias dengan lilin berpola 60+ kreasi Volunteer Earth Hour Bekasi. Lilin tersebut dibuat dari bahan-bahan bekas, seperti: kaleng bekas minuman sebagai wadah lilin, minyak jelantah, dan kaos bekas sebagai sumbunya. Komunitas Earth Hour Bekasi ingin memperkenalkan bagaimana cara kita mencintai lingkungan dengan cara yg mudah, dimulai dari peduli dengan hal-hal kecil, seperti menghemat energi dengan mematikan lampu dan peralatan listrik yg tidak terpakai, serta mendaur ulang sampah menjadi barang yg bermanfaat. Dimulai dari diri sendiri, lalu ajak orang di sekitar kita untuk ikut melakukannya juga.

Beberapa ikon kota dan korporasi bisnis di Kota Bekasi juga turut berpartisipasi dalam aksi #RedupkanBekasi ini, seperti; Alun-Alun Kota Bekasi, Masjid Al-Barkah, Piramida Summarecon Bekasi, The SpringLake Apartment Summarecon Bekasi. Apartemen Taman Sari Urbano, dan Patung Tarian Langit Kota Harapan Indah.

Aksi Switch Off Earth Hour bukanlah hanya sekedar seremonial semata, namun juga langkah awal sebagai wujud pengedukasian dan kampanye untuk menghemat energi, menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan, dengan cara mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak terpakai. Dengan harapan setelah aksi ini masyarakat khususnya warga Kota Bekasi dapat mulai sadar untuk menjaga dan merawat bumi dimulai dari hal-hal kecil, ditengah permasalahan mengenai isu lingkungan terutama di Kota Bekasi yang sudah marak terjadi akibat dari perubahan iklim. Hal-hal kecil yang jika dilakukan secara serentak dan berkelanjutan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap bumi.

Aksi Switch Off Earth Hour menjadi puncak Kampanye Earth Hour 2019, aksi ini juga serentak dilaksanakan di 128 kota dan kabupaten di seluruh Nusantara, melibatkan 110 ikon kota, serta di banyak negara pendukung kampanye ini di dunia.