Bekasi merupakan daerah perbatasan antara Jakarta dengan Jawa Barat. Budaya yang berkembangan merupakan perpaduan antara Betawi-Sunda hal ini jelas terlihat dalam Kesenian Kliningan Tanji. Kliningan yaitu seperangkat gamelan yang berlaras salendro diiringi oleh Juru Sekar yang terdiri dari Sinden dan Wira Swara, jika dipergelarkan Levitra Professional secara khusus disebut Kiliningan. Kiliningan juga disebut sebagai siku-siku segitiga yang biasa dipukul. Kiliningan berasal dari daerah Pantai Utara Jawa Barat (Karawang, Bekasi, Purwakarta, Indramayu, dan Subang).

Dalam pertunjukan Kliningan Tanji, penonton akan dihibur oleh lantunan juru kawih atau sinden. Terdapat juga tarian khas yang dinamakan japin atau japlin. Sebenarnya, Kliningan Tanji mirip dengan orkes tanjidor, bedanya dalam pertunjukan ini dimainkan seperangkat gamelan salendro untuk mengiringi pertunjukan kliningan.

Dalam pertunjukan Kliningan Tanji alat musik tanjidor yang digunakan diantaranya adalah pliston dan trombon. Pertunjukan khas Bekasi tersebut juga dilengkapi dengan permainan piul atau biola. Sedangkan, gamelan salendro yang turut mengiringi juru kawih menyanyi adalah bonang besar, bonang kecil, kecrek, dan jenglong. Ada juga kendang dan gong yang masing-masing berjumlah satu set.
Pada tahun 60-an, pagelaran kliningan di Jawa Barat mengalami masa kejayaan. Juru Sekar dalam seni kliningan memiliki peran yang sama pentingnya dengan juru gending (nayaga/juru pangrawit/pemain musik). Tugas Juru Sekar yaitu melantunkan tembang – tembang dengan mengikuti aturan – aturan gending yang baku.

Kliningan Tanji biasa dipentaskan untuk memeriahkan acara pernikahan. Dalam acara tersebut, pertunjukan yang merupakan perpaduan budaya Betawi dan Sunda itu ditampilkan untuk memeriahkan prosesi seserahan. Anda juga dapat menyaksikan salah satu kesenian khas Bekasi ini pada acara khitanan maupun panggung khusus untuk menampilkan Kliningan Tanji.

Referensi :
1. id.wikipedia.org
2. jakarta.panduanwisata.id