Mengenal Batik Seraci Produksi Warga Bekasi

Batik merupakan salah satu produk kebanggaan Bangsa Indonesia, setiap daerah tentu memiliki motif dan ciri khas masing-masing. Batik itu sendiri sudah terkenal diberbagai kalangan maupun usia.

Tapi tahukah kamu? Jika Bekasi memiliki Batik sendiri yaitu Batik Seraci Tarumajaya atau biasa dikenal dengan nama Batik Betawi. Batik seraci merupakan hasil percampuran antara seni batik sunda dan betawi, batik ini hadir dengan memiliki corak yang berwarna cerah dan kuat serta corak flora, fauna, sejarah dan budaya yang menjadi ciri khasnya setelah dipatenkan oleh pemerintah Bekasi.

Dibalik motif Batik Seraci terdapat sebuah cerita tentang rindunya orang-orang pinggiran bekasi terhadap aktifitas masyarakat lama seperti “Nandur”, “Ngangon Kebo, “Main Demprak”, dll semua cerita tersebut dituangkan diatas kain-kain batik Seraci karya Ernawati dari Kampung Kebon Kelapa, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Pabrik rumahan ini sudah banyak menghasilkan karya-karya batik betawi.

Batik Seraci adalah batik tulis yang dibuat menggunakan lilin dan canting yang memiliki 12 motif dan sudah diluncurkan bersamaan dengan HUT Kota Bekasi yang ke-17 pada 10 Maret 2014 silam.

Dilansir dari postingan twitter @BatikSeraci melalui detik.com pada 29/10/16 bahwa calon cagub Agus Yudhoyono kenakan Batik Betawi saat penetapan Calon Gubernur. Wahh… tentu hal ini sangat membanggakan ya terutama batik ini diproduksi langsung oleh warga Bekasi, Ernawati. Produk lokal ini patut dibanggakan bukan hanya karena batik yang diproduksi di Bekasi tetapi Batik Seraci ini juga dapat dijadikan ikon Kota dan Kabupaten Bekasi.

Sumber gambar: seracibatikbetawi.wordpress.com