Bekasi, Bagian dari Bulan

Ingatkah kamu saat Kota Bekasi menjadi trending topic diberbagai media sosial? Bekasi dibully dengan sebutan “bulan” atau “planet” banyak orang yang bertanya-tanya mengapa Bekasi disebut dengan sebutan “planet”, hal ini didasari karena banyak netizen yang merasa rugi waktu akibat jeleknya infrastruktur yang ada dibekasi sehingga kemacetan yang terjadi begitu parah dan ditambah dengan keadaan Bekasi yang gersang sehingga panas yang terasa begitu menyengat kulit. Sehingga, sering kali diibaratkan seperti berpergian kebulan ataupun keplanet lain yang jaraknya begitu jauh dan panas. Pada dasarnya, ini merupakan protes netizen terhadap pemerintah Kota Bekasi dan mengharapkan perubahan Bekasi yang lebih baik lagi.

Tak heran, banyak warga Bekasi yang merasa tersinggung dengan komentar-komentar maupun meme-meme yang beredar menyebut Bekasi sebagai “bulan” atau “planet”. Meskipun apa yang dikatakan para netizen ada benarnya namun, terasa begitu menyebalkan bukan ketika kota kelahiran kita seperti diolok-olok? Tapi…. jangan marah dulu ya. Tahukah kamu asal mula dan makna dari kata Bekasi?

Menurut Poerbatjaraka, seorang ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno secara filosofis, Bekasi berasal dari kata Chandrabhaga. Chandra berarti “bulan” (dalam bahasa Jawa Kuno, sama  dengan kata Sasi) dan Bhaga berarti “bagian”. Jadi, secara etimologis kata Chandrabhaga berarti bagian dari bulan. Seiring berjalannya waktu kata ‘Chandrabhaga’ berubah menjadi ‘Bhagasasi’ lalu disingkat menjadi ‘Bhagasi’. Dalam pelafalan bahasa Belanda ditulis “Bacassie” yang kemudian berubah menjadi Bekasi. Bekasi juga dikenal sebagai “Bumi Patriot” yaitu sebuah daerah yang dijaga oleh para pembela tanah air sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan negeri tercinta.

Nah, sekarang udah taukan asal mula dan makna dari kata Bekasi. Jadi buat kalian yang warga Bekasi jangan tersinggung lagi ya kalau para netizen dari kota lain menyebutkan bekasi itu bulan ataupun planet karena memang merupakan bagian dari arti kata dari Bekasi itu sendiri.

Semoga dengan adanya kritikan-kritikan yang ada dimedia sosial menjadikan pemerintah Bekasi juga warga Bekasi tergugah semangatnya untuk membuat perubahan signifikan untuk Kota Bekasi yang lebih baik lagi. Saat ini, sudah cukup banyak perubahan-perubahan positif yang dilakukan seperti perbaikan struktur maupun infrastruktur jalan.

Sumber gambar: posronda.net